RSS

Makalah Perang Dingin

22 Oct

MAKALAH PERANG DINGIN

PERANG DINGIN

logo_tut_wuri_handayani

OLEH:

1.Ade Buay Kurniawan

2.Okta Permata Putri

3.Rizky Wulandari

4.Susanti Mahasari

5.Witri Apriliani

6.Zelda Endah Fransiska

XII IPA 1

SMA NEGERI 1 PAGARALAM

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis sampaikan ke hadirat Tuhan yang maha kuasa, karena atas berkat dan rahmatNya, penulis dapat menyelesaikan makalah tentang perang dingin ini dengan baik dan mengumpulkannya tepat pada waktunya.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Tuhan YME, teman-teman, oranng tua dan berbagai pihak lainnya yang telah memberikan dukungan kepada penulis dengan berbagai bentuk.

Penulis menyadari akan berbagai kekurangan yang masih terdapat dalam makalah ini,oleh karena itu berbagai kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat penulis harapkan demi penyempurnaan makalah selanjutnya.

Terima kasih.

Pagaralam, Oktober 2013

Penulis

BAB I Pendahuluan

1.1 Latar belakang

Adapun latar belakang peneliti ingin meneliti tentang Perang Dingin yaitu didasari keingin tahuan peneliti mengenai latar belakang perang dingin yang pernah terjadi selain  itu peneliti penasaran dengan peran NATO dalam perang dingin. selain itu banyak sekali reaksi yang timbul dari adanya perang dingin, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui reaksi yang timbul akibat perang tersebut. dan terakhir yang ingin kami ketahui adalah bagaiman perang dingin itu berakhir.

1.2 Rumusan masalah

Dalam mengkaji makalah ini yang dibahas adalah sebagai berikut :

1. Apa latar belakang munculnya perang dingin?

2. Apa itu NATO?

3. Bagaimana reaksi munculnya perang dingin?

4. Bagaimana akhir perang dingin?

1.3 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penelitian ini

  1. Mengetahui sejarah dari munculnya perang dingin
  2. Menjelaskan pengertian NATO
  3. Mengetahui reaksi dari munculnya perang dingin
  4. Menjelaskan akhir dari perang dingin

1.4 metode Penelitian

Dalam makalah ini kami tim penulis menggunakan metode pustaka

BAB II: PEMBAHASAN

a. Latar belakang munculnya perang dingin

Perang dingin adalah perang dalam bentuk ketegangan sebagai perwujudan dari konflik kepentingan dan perebutan supremasi dan perbedaan ideologi antara blok barat dan blok timur yang disebapkan oleh beberapa faktor :

1. Perbedaan paham

Paham demokrasi-kapitalis yang dianut oleh Amerika Serikat bertentangan dengan paham sosialis – komunis yang dianut oleh Uni Soviet yang dipercaya bahwa paham ini dapat lebih mempercapat kesejatraan buruh maupun rakyatnya, karena negara-negara yang mengendali perusahaan akan buruh maupun rakyatnya. Negara barat menyebutnya sebagai “ negara dibalik tirai

2. Keinginan untuk berkuasa

AS dan Uni Soviet mempunyai keinginan untuk berkuasa di dunia dengan cara-cara yang baru. AS sebagai negara kreditor besar membantu negara-negara yang sedang berkembang. Bantuan itu berupa pinjaman modal untuk pembangunan, dengan harapan rakyat yang makmur hidupnya dapat menjadi tempat pemasaran hasil industrinya dan dapat menjauhkan pengaruh sosial- komunis.

b. Apa itu NATO

NATO ( North Atlantic Treaty Organisasion ) pakta pertahanan Atlantik Utara adalah pakta pertahanan yang digalang oleh negara-negara barat yang diprakarsai oleh Amerika Serikat untuk menghadapi ancaman sosialis-komunis.

c. Jalannya Perang

Kemunculan perang dua blok ini ditandai dengan persaingan-persaingan kepentingan yang tajam. Ketegangan yang paling awal pada persaingan ini yang kemudian dikenal dengan sebutan perang dingin (cold war ), yang dimulai sejak pembagian Jerman menjadi dua wilayah yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.

Persaingan dua blok yang saling bertentangan ini mengakibatkan ramainya kegiatan spionasi dan sistem aliansi di dunia

Sistem aliansi

Bentuk aliansi itu adalah sebagai berikut:

Pembentukan caminform pada tahun 1947. Caminform adalah wadah kerja sama partai-partai komunis Eropa yang berpusat di Beograd, Yugoslavia.

Pembentukan NATO tahun 1949

Perjanjian antara Uni Soviet dan RRC tahun 1950 mengenai kerja sama diantara kedua negara guna menghadapi agresi Jepang

Pembentukan pakta ANZUS yaitu pakta pertahanan negara-negara AS, Australia, Selandia Baru pada tahun 1951

Pembentukan pakta warsawa pada tahun 1955. Pakta ini merujpakan kerja sama pertahanan dan keamanan negara –negara komunis.

Pembentukan SEATO pada tahun 1954

SEATO adalah kerja sama pertahan antara negara Asia Tenggara dengan pihak barat. Anggotanya : AS, Inggris, Prancis, Flilipina, Singapura, dan Selandia Baru

Kegiatan spionase

Kegiatan spionase ( mata-mata) juaga tujrut mewarnai percaturan politik selama perang dingin. Kegiatan ini tercermin dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan oleh agen-agen spionase oleh kedua piihak yaitu antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat. KGB adalah dinas inteligen sipil atau dinas rahasia Uni Soviet sedangakan CIA adalah dinas rahasia Amerika Serikat yang bertugas untuk mencari keterangan tentang negara-negara asing tertentu

d. Akhir Perang Dingin

a. Bidang politik

AS berusaha menjadikan negara-negara yang sedang berkembang menjadi negara negara demokrasi agar hak manusia dapat dijamin. Sedangkan Uni Sovier mendengungkan pembangunan negara dengan pembangunan lima tahunnya.

b. Bidang ekonomi

Sebagai negara kreditor terbesar AS memberikan pinjaman atau bantuan ekonomi kepada negara yang sedang berkembang.

c. Bidang militer

Perebutan pengaruh yang sangat besar antara AS dan Uni Soviet adalah dalam pakta pertahanan. Negara-negera barat membentuk NATO tahun 1949 sebagai suatu oraganisasi pertahanan di Asia Tenggara dibentuk SEATO tahun 1954 Pakta pertahan tersebut ditujukan kepada Komunis dan Asia Tenggara khususnya di Vietnam.

BAB IV: Kesimpulan dan Saran

A.      Kesimpulan
Semenjak  Uni Sovyet runtuh dan pecah terbagi menjadi beberapa Negara, Gerakan Non Blok terasa kurang relevansinya. Kejatuhan Uni Soviet tersebut kemudian diikuti dengan krisis politik yang melanda Negara-negara sekutunya di belahan Eropa Timur. Yugoslavia terpecah menjadi beberapa Negara, Jerman Barat bergabung dengan Jerman timur dan Negara-negara Eropa Timur lainnya melakukan reformasi politik dan ekonomi mengikuti fenomena sejarah yang terjadi saat itu.
Organisasi pertahanan Pakta Parsawa dibubarkan, bahkan beberapa Negara yang dulu bergabung didalamnya kemudian bergabung menjadi anggota NATO yang dulu merupakan pesaing beratnya. Fenomena ini menandai berakhirnya era perang dingin antara Blok Barat yang dikomandani AS dan Blok Timur di bawah pimpinan Uni Sovyet. Situasi politik internasional berubah drastis dengan menampilkan AS sebagai satu-satunya super power dunia.
Motivasi utama pendirian Gerakan Non Blok pada tahun 1961 adalah untuk menghindarkan perang serta memperkokoh perdamaian. Persaingan kekutan militer yang sangat tajam antara AS dan Uni Soviet menimbulkan kekhawatiran berbagai Negara bahwa kemungkinan akan pecah perang terbuka antara kedua pihak.
B.       Saran-saran
Demi kesumpurnaan penulisan makalah ini, penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun kearah kebaikan, atas kritikan dan saran dari para pembaca saya ucapkan terima kasih, dan semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan khususnya bagi penulis.
 
2 Comments

Posted by on October 22, 2013 in fakta, Tugas

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

2 responses to “Makalah Perang Dingin

  1. dwiafifah

    October 22, 2013 at 6:16 pm

    bagus

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: