RSS

Wisata Pagaralam

Tebat Gheban (tebat reban)

Tebat Gheban (tebat reban)

Gan, ternyata photo pada sore hari  menjelang maghrib itu sungguh Luar biasa…
apalagi klo photonya di dkt danau yang tenang, efek dari pantulan cahaya matahari nya itu loh yang bikin efek tersendiri yang sangat menakjubkan.

Tebat Gheban (tebat reban)
Tebat Gheban (tebat reban)

jadi, kita gak perlu repot-repot meng-edit photo lewat Photoshop atau yang lainnya, coz, hasil photo yang aslinya sudah sangat menarik… buktiin dech…

ni, gw posting beberapa Photo yang saya ambil d salah satu tempat obyek wisata di kotaPagaralam (SUMSEL), yaitu TEBAT GHEBAN

gimana Gan??
lumayan kan buat iseng2, lagian d tempat ini kita bisa pakai rakit, dan gak dipungut biaya ko.. jadi kita bisa pake keliling danau.

disini juga salah stu tempat yang menarik untuk di jadikan tempat  pre wedding. hasilnya juga menarik ko, gak kalah dengan tempat-tempat lain…
biar gak penasaran, temen-temen dateng ja dulu ke sini ya,…

Curup Cungkok

Tidak salah klo kota Pagaralam itu di juluki sebagai kota seribu Air Terjun… karena di kota Pagaralam ini memang terdapat banyak sekali obyek wisata air terjun ato curup.
Dari beberapa obyek wisata air terjun ini, mungkin para pembaca mengetahui beberapa curup ato air terjun yang sering didengar seperti Air Terjun Lematang Indah, Curup Mangkok, Curup Jahe, Curup Embun atopun Curup Tujuh kenangan.
Tapi kali ini saya akan menulis tentang Curup Cungkok yang berada di kota Pagaralam, tepatnya di kecamatan Dempo Utara. berada diantara desa Cawang Baru dan Muara Siban.
Jika wisatawan datang ke kota Pagaralam dan bertanya tentang curup apa saja yang ada d kota Pagaralam, maka yang akan di beritahu pastilah bukan Curup Cungkok. tapi beberapa Curup yang disebutkan di atas.
mengapa??????
jawabnya simpel bangetsss, sama seperti penulisnya…. hahahahahha… becanda sedikit boleh kan????
jawaban sebenarnya adalah karena Curup Cungkok ini tidak diketahui banyak orang. baik dari orang asli Pagaralam, apalagi para wisatawan.
itu semua disebabkan karena Curup Cungkok tidak terdapat di tempat yang banyak penduduknya, tapi terdapat di areal perkebunan kopi milik petani desa sekitar. belum lagi ditambah dengan tidak adanya angkutan umum yang lewat ke tempat ini.
Curup Cungkok berada sekitar 9km dr pusat kota, ato sekitar 4km dari desa Cawang Baru atopun Muara Siban. tetapi ada sebuah kampung kecil yang disebut Talang sekitar 1km dr sana.

sebenarnya jalan menuju Curup Cungkok ini sudah cukup baik dengan sudah diaspalnya jalan. tetapi untuk pengembangannya sendiri, itu mungkin tidak ada sama sekali, padahal Curup Cungkok ini sangat indah dan masih asri.
Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 60mnt dari kota Pagaralam, tetapi jalannya memang sedikit kecil dan curam. d sana juga tidak terdapat parkiran motor ato mobil. jadi pengunjung harus memarkirkan kendaraan d pinggiran jalan. setelah itu jalan kaki sekitar 100meter melewati jalan setapak yang lumayan curam dan sedikit menantang. apalagi disamping kiri dan kanan jalan setapak terdapat banyak pohon-pohon berduri tajam.
wah..wah…. ternyata memang cukup repot ya untuk datang kesana?????
tapi gak usah takut, semua perjuangan pengunjung pasti akan terbayar saat sampai di sungai yang ada di bawahnya…
di sini terdapat dua buah curup satu di bagian atas sungai, dan satunya lagi dibagian hilirnya. dua-duanya cukup indah dan menarik ko… jadi pengunjung dijamin gak bakalan kecewa dech….

curup yang ada di bagian atas itu adalah curup yang memang berasal dari aliran sungai utama dengan ketinggian sekitar 10meter, yang dikiri dan kananya adalah dinding batu yang tinggi dan dipenuhi pepohanan dan rumput-rumput liar.

ditengah-tengah ada sebuah batu besar yang membelah sungai kecil tersebut menjadi dua aliran yang kemudian bersatu kembali. tetapi batu tersebut menjadikan tempat itu lebih menarik, karena pengunjung bisa berphoto tepat di depan Curup tersebut.

Sekarang kita lanjutkan unutk Curup kedua yang terdapat dibagian hilir sungainya ya….dari tempat curup pertama tadi kita lanjutkan ke curup yang kedua, sekitar 50meter dari curup pertama. di curup pertama ini, air terjunnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tadi. air terjunnya juga bukan berasal dari sungai utama, tetapi berasal dari sungai kecil yang ada diatas bukit batu yang terjal.

air terjun ini sangatlah indah, dan memang pantas untuk dikunjungi. air terjun yang indah dengan aliran sungai yang jernih dibawahnya sungguh merupan keindahan anugrah Tuhan yang tidak ternilai harganya.

jadi pastikan temen-temen datang dan buktikan sendiri keindahannya. saya sebagai penulis hanya bisa sedikit memberikan bayangan tentang Curup Cungkok ini. dengan maksud berbagi atau memberitahukan tempat wisata Air Terjun alternatif, yang tidak kalah menarik dan Indah dengan Air Terjun atopun Curup2 lain yang lebih terkenal di kota Pagaralam. 

Gunung Dempo
                                                    KAWAH GUNUNG DEMPO

Posting kali ini saya akan membahas salah satu obyek wisata yang menjadi andalan kotaPagaralam,Gunung Dempo. Gunung Dempo yaitu adalah salah satu tujuan utama dari para wisatawan yang datang dari dalam ataupun luar kota.

Karena Gunung Dempo telah menjadi tujuan utama para wisatawan, maka pemkot kota PagaralamVila, kolam renang, hotel, tangga seribu telah banyak menata obyek wisata ini baik dari segi transportasi maupun sarana-sarana pendukung lainnya seperti dibuatnya banyak dan masih banyak yang lainnya.

  Gunung Dempo dapat ditempuh dari pusat kota selama 30menit menggunakan kendaraan umum, tp jika pengunjung menggunakan
kendaraan pribadi, maka hanya dibutuhkan waktu sekitar 15menit. dalam perjalanan menuju Gunung Dempo pengunjung akan melihat indahnya pemandangan disekitar Gunung Dempo.

Para wisatawan juga dapat membeli buah-buahan seperti salak dan alpukat dari petani yang berjualan disepanjang jalan Gunung Gare (jalan menuju Gunung Dempo) dengar harga yang cukup murah.

Untuk menuju ke tempat wisata Gunung Dempo, ada dua jalan utama yang sering digunakan oleh para wisatawan, yaitu:
1. menggunakan jalan lama yang melewati banyak perkampungan
2. menggunakan jalan Gunung Gare yang belum begitu lama dibangun

Saat ini wisatawan lebih banyak menggunakan jalanGunung Gare, karena pemandangannya yang indah, selain itu jalan ini langsung menuju kearah salah satu tempat wisata lagi yang berada di Gunung Dempo yaitu Tangga seribu. jalan ini juga menuju ke kantor Polres Pagaralam dan kantor Walikota Pagaralam.
Jika wisatawan melewati jalan Gunung Gare, maka pasti akan melewati Tugu Kota Bunga, yang sengaja dibuat dalam kontes kota bunga se-sumatera selatan.
Setelah melewati Gunung Gare, wisatawan akan sampai di obyek wisata Tangga Seribu, tapi tangganya tidak benar-benar berjumlah seribu sich… cuma namanya aja… biasanya para wisatawan yang datang ke Gunung Dempo, akan singgah ditempat ini. pemandangan dari tempat ini juga sangat indah dan tidak kalah dengan obyek wisata lain. selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah toko yang menjual aksesoris dan kerajinan-kerajinan khas kota Pagaralam. jika wisatawan berminat mengkoleksi atau sekedar membeli oleh-oleh untuk teman maupun kerabat, maka tempat ini adalah tempat yang pas untuk didatangi.

Jika wisatawan belum puas, maka kita lanjutkan lagi perjalanan menuju obyek wisata selanjutnya yang masih berada di Gunung Dempo, yaitu sebuah sungai yang mengalir dari bebatuan magma yang telah kering. tempat ini juga sangat sering dikunjungi karena jika wisatwan mau melanjutkan ke obyek wisata selanjutnya, wisatawan akan melewati tempat ini.

Sungai ini adalah sebuah sungai kecil yang mengalir diantara bebatuan… tapi jangan salah, tempat ini juga menjadi tempat vaporit ku lo….

Air yang mengalir jernih diantara bebatuan ini menambah keindahan dan kesejukan Gunung Dempo. dengan liku jalan, pemandangan yang indah dan luas memandang keseluruh arah akan membuat wisatawan akan menghilangkan jenuh dan setres seketika…

Selanjutnya kita teruskan perjalanan kita menuju obyek Wisata yang paling Tinggi diantara tempat lainnya yaitu Rimau. kenapa disebut Rimau?????
itu karena ditempat ini ada sebuah patung harimau yang sengaja dibuat untuk mengingatkan salah satuLegenda yang terkenal dan berasal dari kota ini yaitu manusia harimau.

Obyek wisata Rimau ini adalah obyek wisata  terakhir (maksudnya paling ujung). tempat ini seringkali tertutup embun, karena sudah cukup tinggi dan termasuk daerah perbatasan antara wilayah perkebunan dan hutan. ditempat ini juga terdapat warung dan musholah bagi para pengunjung yang ingin menunaikan shalat dan melepas lelah.

Pemandangan dari tempat ini sangat indah, wisatawan dapat melihat luasnya kotaPagaralam dan sekitarnya dari tempat ini.

jadi, jika wisatwan datang ke ke kota Pagaralam, jangan lupa untuk berkunjung keGunung Dempo, dijamin gak akan nyesal dech,,,,,

Curup Lawang Agung

Posting kali ini, aku akan membahas tentang obyek wisata Curup Lawang Agung. obyek wisata Curup Lawang Agung ini terdapat dikecamatan Muara Payang kabupaten Lahat. obyek wisata ini masih sangat alami, sayangnya pemerintah kabupaten Lahat, belum mejadikan tempat ini sebagai salah satu tempat obyek wisata. padahal tempat ini adalah salah satu tempat yang menarik untuk d kunjungi oleh para Wisatawan.

Obyek Wissata ini cukup terkenal diseputar kotaPagaralam. walaupun tempatnya bukan termaasuk wilayah kota Pagaralam, tetapi semua wargaPagaralam pasti tahu tentang Curup Lawang AgungPagaralam ini. karena jarak dan tradisi warga daerah ini sama dengan tradisi warga , bahasa yang digunakan juga sama.

saya juga berharap kedepannya daerah ini dan beberapa kecamatan yang ada disekitarnya bergabung dengan kota Pagaralam, karena daerah ini dulunya masih termasuk kerajaan BESEMAH(Pagaralam).

skrg kita bahas lagi tenta obyek wisata Curup Lawang Agung. untuk menempuh obyek wisata Curup Lawang Agung, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 8-9km dari kecamatan Jarai kabupaten Lahat, dan jika wisatawan datang dari kota Pagaralam, maka jarak yang akan di tempuh antara 30-35km. tapi tenang, kendaraan umum yang melalui tempat ini banyak ko, jadi jika Wisatawan tidak akan kesulitan mencapai tempat ini.

Di Curup Lawang Agung ini, Wisatawan tidak dipungut biaya untuk masuk, jadi anda bisa langsung ketempat ini dengan bebas. Curup Lawang Agung ini juga digunakan para warga sekitar sebagai tempat mengambil batu dan mancing. tapi tenang, dibagian hilir sungai, jadi tidak akan mengganggu keindahan wisata Curup Lawang Agung. penduduk daerah ini juga sangat ramah dan bershabat. sehingga anda bisa tenang dan merasa nyaman datang ke tempat ini.

jika pengunjung suka dengan panjat tebing, maka Curup Lawang Agung adalah tempat yang sangat pantas untuk anda kunjungi, karena selain terdapat air terjun, dinding-dinding batu yang terjulang tinggi di sekeliling Curup Lawang Agung ini bisa anda panjat, tapi dengan catatan bawa peralatan sendiri tentunya, karena ditempat ini tidak ada penyewaan peralatan panjat tebing.

nah, jika ada diantara pengunjung yang ingin berenangCurup Lawang Agung juga bisa dijadikan tempat berenang yang asik ko, tapi ada batas-batas yang tidak boleh dilalui oleh perenang. batas-batas itu dimaksudkan agar perenang tidak terlalu dekat dengan air terjunnya karena sangat dalam, dan bisa menggulung perenang kebawah air terjun tersebut.

Lematang Indah

 OBJEK WISATA LEMATANG INDAH KOTA PAGARALAM

Selamat datang di blog ini, dan sebelumnya saya ucapkan terimah kasih karena telah berkunjung d blog ini…
Blog ini sengaja dibuat untuk memperkenalkan objek wisata yang ada di kota Pagaralam. Salah satunya adalah Lematang Indah yang terdapat di kecamatan Dempo Tengah kota Pagaralam. 

Sungai Lematang Indah ini adalah salah satu objek wisata yang selalu ramai d kunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun manca negara, karena jarak tempuh dan lokasi serta pemandangannya pun sangat indah. Karena keanggunan dan keindahannya memikat hati dan suananyapun dapat menjadikan perasaan anda menjadi tenang.

Sungai Lematang ini, dapat d tempuh menggunakan kendaraan umum maupun pribadi dengan jarak kurang lebih 8km dari pusat kota, atau sekitar 15menit perjalanan. Disana juga terdapat beberapa warung tenda yang siap menjamu makan dan minum jika anda haus dan lapar. jangan takut, harga makanan dan minuman d sana standar aja ko. harga tiket masukpun hanya Rp. 3500,00 ko….
jika anda suka berenang, d sungai Lematang ini anda bisa berenang sepuasnya tanpa harus mambayar lagi.

Disini juga terdapat penyewaan Ban dlm yang lumayan besar, itu digunakan untuk arung jeram ala kota Pagaralam. wkkwkkkwkkkk

Nah,,,, seperti inilah caranya……

klo penyewaan ban ini, kalian para wisatawan harus pandai-pandai menawar, tapi tarif biasanya Rp.5000 per orangnya. pokoknya klo anda berkunjung ke kota Pagaralam, jangan lupa mampir k Sungai Lematang. gak akan nyesal dech…

masih banyak obyek wisata yang lain d kota Pagaralam, seperti Gunung Dempo, Tebat Reban, Curup Mangkok, Curup tujuh kenangan, Curup Jahe, Tangga Seribu dan masih banyak lagi yang gak bisa aku sebutin satu demi satu, tar juga kita posting lagi, tapi buat sekarang yang ini dulu ya…..

smoga para blog ini dapat menjadi petunjuk bagi teman-teman yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kota Pagaralam.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: